Senin, 13 Agustus 2012

Apa sih Ms Excel itu ????

Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.

Fungsi yang sering digunakan

1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

+ Fungsi IF

Menggunakan fungsi IF(...) pada program microsoft Excel bermanfaat untuk membuat rumus logika sederhana dengan beberapa kondisi. Yang terpenting adalah logikanya berjalan mengikuti alur otak komputer.

Contoh sederhana: if(B5= <200;"NORMAL";"TIDAK NORMAL") yang artinya jika cell B5 bernilai dibawah 200 , maka ditampilkan tulisan "NORMAL", tetapi apabila bernilai diatas 200 maka ditampilkan tulisan "TIDAK NORMAL".

+ AND

Fungsi AND  untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika kondisi semua pernyataan bernililai TRUE.

= AND(logical1,logical2, ...)

Logical yang ingin dibandingkan bisa sampai 255.

Contoh
  • =AND(TRUE, TRUE) semua pernyataan benar malka nilainya TRUE
  • =AND(TRUE, FALSE) satu pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =AND(2+2=4, 2+3=5) semua pernyataan benar maka nilainya TRUE
+ OR

Fungsi OR akan membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika salah satu pernyataan bernilai benar.

= OR(logical1,logical2,...)

Logical yang ingin dibandingkan bisa mencapai 255.

Contoh:
  • =OR(TRUE) satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
  • =OR(1+1=1,2+2=5) kedua pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =OR(TRUE,FALSE,TRUE) salah satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
+ NOT

Fungsi NOT untuk memberikan nilai TRUE jika pernyataan yang ditulis bernilai FALSE atau sebaliknya.

=NOT(logical)

Contoh:
=NOT(FALSE) karena pernyatan bernilai salah maka nilainya menjadi TRUE
=NOT(1+1=2) karena pernyataan bernilai benar maka nilainya menjadi FALSE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar